Translate

RAM


RAM adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan dan memegang secara sementara data dan instruksi yang diproses oleh CPU.  Teknologi RAM mengalami banyak perkembangan, dimulai dari generasi awal yaitu SIMM, EDO RAM, SD RAM sampai generasi terbaru sekarang yaitu DDR yang juga mengalami perkembangan dari DDR1, DDR2 dan DDR3.
Berikut timeline atau sejarah perkembangan Teknologi RAM:



Teknologi RAM tidak hanya berkembang dari sisi jenisnya, naum juga ukurannya. Dengan maraknya perkembangan laptop dan netbook, sekarang berkembang memory module DIMMs dengan ukuran yang lebih kecil yaitu SO-DIMM (small outline DIMM) dan MicroDIMM, yag memiliki ukuran lebih kecil lagi.
Masing-masing tipe RAM sesuai perkembangannya memiliki bentuk yang berbeda satu sama lain, sehingga hal itu tidak memungkinkan terjadi salah pasang jenis RAM dengan teknologi yang diterapkan mainboard. Perbedaan tersebut terletak pada ukuran dimensinya, jumlah pin dan letak coakan atau notch pada kaki RAM, sehingga pemasangan RAM tidak mungkin tertukar atau salah arah. Berikut gambar bermacam bentuk dan jenis RAM :


0 komentar:

Posting Komentar